RadarURL

Artikel Terbaru

Letusan Letusan Gunung Terdasyat di Dunia

Masih ingat mata pelajaran disekolah, bahwa negara kita Indonesia dilalui dua jalur pegunungan muda dunia, yaitu pegunungan Mediteriana yang berada disebelah barat dan pegunungan Sirkum Pasifik yang terletak disebelah timur. Keberadaan dua jalur pegunungan tersebut menyebabkan Indonesia banyak sekali memiliki gunung berapi yang aktif dan rawan terhadap bencana gempa bumi. Dan diantara tujuh letusan terhebat di dunia tiga diantaranya merupakan gunung yang berada di Indonesia.
Berikut ulasan beberapa letusan gunung terdasyat tersebut :

1. Gunung Toba. Indonesia

Sebagian besar diantara kita tentu lebih mengenal Toba sebagai danau. Konon katanya danau toba sulunya adalah danau vulkanik yang terbentuk setelah letusan gunung toba yang dasyat. Gunung Toba ini diperkirakan meletus pada 74 ribu tahun yang lalu, yang mengakibatkan debu vulkanik Toba di perkirakan mencapai 3000 mil, namun di tahun belakangan ini ditemukan debu yang sama ditemukan di India. Samudra Hindia, Teluk Belaga, Laut Cina Selatan, bahkan dilapisan es GreenLand kutub utara.

2. Tambora, Indonesia
Gunung yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini pernah meletus di bulan April 1815. Letusan luar biasa hebat tidak hanya dirasakan di daerah sekitar gunung saja, tetapi sampai keseluruh dunia. Letusan gunung ini terdengar sampai Sumatera. Abu Vulkaniknya jatuh hingga Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Maluku. Bahkan semburan abu Gunung Tambora ini dikabarkan sampai melubangi atmosfer dan menyebabkan perubahan iklim pada tahun tersebut, dan dikenal sebagai tahun tanpa musim panas. Bahkan dampaknya hingga menyebabkan dua badai salju besar di Kanada. Kondisi ini menyebabkan gagal panen dibeberapa benua di dunia dan menimbulkan dampak kelaparan terburuk di awal abad ke 19

3. Krakatau, Indonesia
Gunung yang berada di selat sunda ini meletus pada 26-27 Agustus 1883. Suara letusan gunung berapi ini terdengar hingga di Australia dan pulau Rodrigues dekat dengan Afrika. Letusan gunung ini juga berdampak pada perubahan iklim dunia. Abu Vulkaniknya yang menutupi sebagian atmosfer membuat seluruh dunia gelap hingga dua setengah hari. Letusan Gunung Krakatau ini juga memicu terjadinya tsunami di Sumatera dan Jawa. Gunung Krakatau telah lenyap bersamaan dengan letusannya, kini Gunung Anak Krakatau yang aktif kerap mengeluarkan awan panas.

4. Sakurajima, Jepang
Gunung yang terletak di jepang ini mencatat pernah meletus paling dasyat tanggal 12 Januari 1914. Pada saat itu Lava mencapai sekitar ketinggaian 1.5 km perkubik, dan daerah daerah yang tertutup Lava mencapai ketinggian sekitar 9.2 km persegi, dan mengalir hingga kelaut bagian barat dan tenggara pulau Sakurajima. Setelah letusan dasyat ini mengakibatkan pulau pulau sekitar Sakurajima menyatu dengan pulau Sakurajima dan akhirnya terhubung dengan daratan di tanah genting yang sempit.

5. Mauna Loa, Hawaii
Gunung ini merupakan gunung terbesar dan paling aktif di dunia. Sejak ratusan tahun yang lalu gunung ini kerap sekali meletus. Terhitung sejak tahun 1843, gunung ini pernah meletus sebanyak 33 kali. Ditahun 1984 gunung ini disebut terbesar di dunia karena salah satu gunung ini pada akhirnya membentuk pulau Hawaii.


Dari berbagai sumber


14 komentar:

  1. indonesia top one ya...

    segalanya indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkk,,,bisa aja sob

      Hapus
    2. Kenapa Tidak, hahahahahah

      aku udah masak ikan sarden pake tepung mau tak, wakakak

      Hapus
    3. enak gak hasilnya,,,,jdi penasaran ikan sarden ala Em Albar,,,,hihiihiii

      Hapus
  2. Ternyata indonesia memiliki gunung-gunung yg letusanya sangat dahsyat, artikel menarik sob

    BalasHapus
  3. krakatau tu dekat ma daerahtinggalku ...

    dahsyat ya letusannya dalam sejarah dunia :)

    BalasHapus
  4. ternyata gunung berapi yang super dahsyat letusannya ada juga dari Indonesia, hal ini perlu di waspadai oleh Badan Penanggulangan Bencana Nasional :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan cuma Badan penanggulangan bencana, kita mesti waspada pada kejadian dimasa lalu

      Hapus
  5. Benar sekali sob, negara kita memang berada di kawasan lempengan gunung berapi semoga saja kedepan tidak terjadi letusan yang seperti sahabat sampikan,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin,,,semoga saja kita semua terhindar dari semua itu

      Hapus
  6. hancur hancuran semua ada di indonesia ,,, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau hancur semua nanti rata semua donk,,,,wkkwkk

      Hapus

Sebelum berkomentar baca dulu aturannya :

1. Jangan melakukan spam. Seperti mencantumkan link tertentu, baik link hidup atau link mati
2. Berkomentarlah dengan sopan,
3. Jangan menyinggung masalah SARA.


Jika ternyata melakukan tersebut diatas Admin berhak menghapus komentar tersebut. Harap dijadikan maklum

Silahkan mengisi komentar anda.

Terimakasih

 
AnakBaik © 2012 Enjoy Share With Us. |Tim Kreatif AnakBaik | Indahnya Berbagi AnakBaik